MLINK.ID Terms and Conditions

Pelanggan Menyetujui Termin berlangganan di MLink sebagai berikut:

  • Term dan Terminasi : Pelanggan menyetujui berlangganan berdasarkan kontrak yang disepakati dengan MLink. Jangka waktu kontrak tersebut antara lain Bulanan, Tiga Bulan, Enam Bulan, Dua Belas Bulan, Dua Puluh Empat Bulan, Tiga Puluh Enam Bulan, terkecuali ditentukan lain dalam kontrak tertulis dengan MLink.
  • Setiap layanan akan diperbaharui otomatis setiap akhir kontrak, terkecuali ada pembatalan secara tertulis kepada MLink.
  • Mohon memperhatikan termin berlangganan dan pembatalan di bawah ini. MLink akan membatalkan perjanjian ini; melakukan penghentian layanan sepihak; apabila Pelanggan tidak membayar layanan atau apabila Pelanggan melanggar isi dari MSA MLink.
  • Biaya Berlangganan : Seluruh biaya atas layanan yang dipesan dan disewa oleh Pelanggan akan dibebankan pada saat tanggal aktivasi (Anniversary Billing Date), termasuk One Time Fee, Upgrade dan Add On Services, Pembatalan, dan Deposit. Biaya akan ditagihkan di awal tanggal pemesanan, dan akan ditagihkan di 14 hari sebelum kontrak berakhir.
  • Biaya Upgrade / Downgrade : Upgrade/Downgrade yang dilakukan saat Anniversary Billing Date akan ditagihkan secara penuh untuk kontrak baru, dan akan dilanjutkan penagihannya di 14 hari sebelum kontrak berakhir. Upgrade/Downgrade baru dapat dilakukan jika anda tidak memiliki tagihan yang belum dibayar sebelumnya, dan akan dilakukan biaya prorata (dihitung selisihnya) menuju Anniversary Billing Date berikutnya, dan ditagihkan sebagai tagihan One Time Fee prorata. Tagihan berikutnya akan dilakukan secara penuh seperti biaya normal pada Anniversary Billing Date. Khusus untuk layanan Dedicated Server Box Tidak dapat dilakukan upgrade Prorata.
  • Biaya Add On atau Layanan Tambahan : Biaya ini merupakan biaya layanan tambahan yang disewa oleh Pelanggan MLink, dan akan ditagihkan secara penuh pada kontrak berikutnya, dan akan otomatis diperpanjang juga pada kontrak berikutnya. Jika dipesan pada saat kontrak berjalan, maka akan ditagihkan secara prorata (kecuali layanan SSL)
  • Biaya One Time Fee : Biaya One Time Fee atau Biaya Satu Kali, seperti Biaya Instalasi (Setup) / Reinstalasi, Administrasi, Biaya keterlambatan pembayaran, Denda, Biaya Extended Support / Manage Server – Sesekali / Tidak berlangganan, Biaya Over Usage Space / Bandwidth, akan ditagihkan secara terpisah dengan biaya standard yang ada di MLink, atau ditagihkan sesuai dengan perjanjian yang dilakukan secara tertulis melalui Support Ticket dengan approval dari MLink.
  • Pajak : Pelanggan wajib untuk membayar pajak di negaranya, propinsi, atau daerah, untuk segala layanan yang disewa di MLink. MLink menagih pajak sebesar 11% (PPn) kepada Pelanggan di Indonesia. Pembayaran Pelanggan kepada MLink adalah penuh, dan tidak dipengaruhi oleh potongan pajak yang berlaku sebagai aturan di perusahaan, lembaga, badan atau institusi tertentu. Biaya materai dan biaya lain lain yang timbul akibat kegiatan pendaftaran di MLink akan ditanggung 100% oleh Pelanggan.
  • Pembatalan / Penghentian Layanan / Perubahan Layanan : Dikarenakan pembatalan layanan / perubahan layanan merupakan layanan otomatis. Oleh karena itu Pelanggan wajib mengajukan perhomonan tertulis untuk pembatalan / perubahan layanan. Permohonan tertulis terkait dengan pembatalan / perubahan layanan diajukan melalui Support Ticket pada portal layanan Pelanggan paling lambat 15 hari sebelum layanan berakhir berdasarkan Anniversary Billing Date kecuali untuk Produk Dedicated Server yang dilakukan paling lambat 30 hari sebelum layanan berakhir. Jika Pelanggan tidak membuat permohonan tertulis, maka Pelanggan akan dikenakan biaya berlangganan penuh sesuai dengan layanan yang disewa, dan PELANGGAN WAJIB UNTUK MEMBAYAR TAGIHAN SISA TERSEBUT SEBAGAI KEWAJIBAN PELANGGAN. Seluruh data pelanggan dari layanan yang telah dihentikan sewanya akan diterminasi untuk keamanan dan alasan privasi, terkecuali diperlukan untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara, kepentingan proses peradilan, kepentingan penyelenggaraan negara dan kepentingan penegakan kode etik
  • Refund dan Penyelesaian Kasus : Semua layanan yang disewa oleh Pelanggan di MLink tidak dapat direfund, termasuk Biaya Setup, One Time Fee, Biaya Berlangganan, Biaya Upgrade, Layanan Tambahan, Biaya Administrasi, Biaya Keterlambatan. Dalam kasus tertentu, Pihak MLink dapat memutuskan untuk melakukan refund kepada pelanggan atau tidak. Jika Pelanggan melakukan kelebihan pembayaran, dan Pelanggan menginginkan adanya pengembalian, dalam hal ini pelanggan menyetujui untuk menanggung biaya administrasi yang dikenakan oleh Bank atau Lembaga Keuangan Bukan Bank yang ditagihkan melalui MLink. Pembatalan layanan yang telah diaktifkan secara sepihak oleh pelanggan, tidak terdapat pengembalian uang (refund) dengan alasan apapun. Refund akan dilakukan maksimal 14 hari kerja ke akun bank yang digunakan pembayaran kepada kami.
  • Upgrade / Downgrade : Upgrade layanan Cloud Hosting menggunakan sistem prorata. Pelanggan hanya membayar selisih biaya yang timbul akibat naiknya layanan yang disewa dengan memerhatikan pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya. Apabila pelanggan melakukan downgrade, maka kelebihan pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya tidak berlaku (tidak dapat dikembalikan). Khusus downgrade Cloud Hosting ke paket berkapasitas terendah yakni ke Paket VHP 1 tidak dapat dilakukan.
  • Terkait layanan Dedicated Server / Collocation Server, upgrade tidak dilakukan secara prorata. Pelanggan hanya dapat meminta untuk Upgrade / Downgrade layanan sebelum tagihan dikeluarkan oleh sistem kami. Apabila tagihan sudah dikeluarkan, maka diwajibkan untuk menyelesaikan administrasinya terlebih dahulu, baru dapat melakukan upgrade / downgrade.
  • Pelanggan Yang Tidak Membayar : Semua pembayaran akan jatuh tempo pada Anniversary Billing Date. Kegagalan atau keterlambatan pembayaran pada Anniversary Billing Date akan melanggar Term Of Service. Kepada Pelanggan yang tidak membayar pada saat Anniversary Billing Date, layanannya akan langsung dihentikan sementara (suspend) secara otomatis, masa suspend ini berlaku untuk semua layanan di MLink khususnya Layanan Dedicated Server, kegagalan atau keterlambatan pembayaran 1 hari maka akan layanannya langsung dihentikan. Pelanggan yang tidak membayar 7 hari setelah Anniversary Billing Date akan dihapus layanannya dari MLink, dan akan dikenakan Biaya Reaktivasi yang akan dikenakan untuk berlangganan berikutnya (jika data masih tersedia).
  • Layanan : Selain menyediakan layanan sesuai dengan paket yang disewa oleh Pelanggan, MLink juga menyediakan fasilitas lain seperti website MLink, email, telepon/kontak MLink, kebutuhan operasional server seperti backup data, backup power, dukungan teknis 24 jam, dan jasa terkait layanan lainnya untuk Pelanggan;
  • MLink berhak memutuskan kontrak dan layanan kepada Pelanggan secara sepihak apabila Pelanggan melakukan tindakan buruk atau tidak berprikemanusiaan secara berlebihan atau melampaui batas-batas kesopanan terhadap MLink dan seluruh pegawai MLink. MLink berhak menuntut ganti rugi apabila pihak Pelanggan atau setiap orang dengan sengaja mencemarkan nama baik MLink di media massa, mailing list, forum, media sosial, surat, atau sejenisnya.
  • MLink berhak untuk menolak permintaan Pelanggan untuk mengeluarkan informasi yang terdapat dalam MLink dalam bentuk apapun, yang bukan merupakan hak pelanggan.
  • MLink tidak dapat mengembalikan uang sewa yang telah dibayarkan oleh Pelanggan, apabila terhambat atau terganggu oleh sebab, akibat atau kondisi yang berada di luar kendali termasuk tetapi tidak terbatas pada bencana alam, keadaan perang, keadaan serupa perang, pemberontakan, kerusuhan, keadaan darurat nasional, keadaan darurat militer (masing-masing disebut force majeure).
  • Pendaftaran : Pelanggan yang melakukan pendaftaran layanan di MLink adalah orang atau badan hukum yang cakap secara hukum dan wajib mendaftar secara online di website MLink / offline dengan bantuan staff MLink serta Memilih layanan yang diperlukan.
  • MLink tidak dibebani tanggung jawab apabila terjadi kesalahan pesanan akibat Pelanggan tidak mengisi formulir yang disediakan oleh MLink dengan benar, atau Pelanggan telah membayar tetapi invoice pesanan tidak masuk ke kami. Seperti pada issue setelah klien melakukan pembayaran menggunakan metode bank transfer yang seharusnya melampirkan bukti bayar, tapi tidak melampirkan / mengirimkan bukti tersebut hingga tanggal jatuh tempo.
  • Pelanggan harus memberikan data diri secara akurat dan lengkap (alamat fisik, email utama, email sekunder, telepon utama, HP, fotokopi KTP/Identitas, dsb) sesuai dengan permintaan MLink dan memperbaharui data tersebut jika ada perubahan.
  • Jika Pelanggan memberikan data palsu, atau tidak akurat, atau membuat MLink mengalami kesulitan menghubungi Pelanggan (pindah alamat, ganti nomor telepon atau hp mati/rusak, email invalid, email tidak diterima, dsb) maka Pelanggan tidak dapat menyalahkan MLink dengan alasan apapun jika MLink menghentikan layanan yang disewa Pelanggan;
  • Pelanggan menyetujui segala aturan yang berada dan terkait dengan Master Service Agreement MLink dan memberikan kuasa penuh kepada MLink untuk menghentikan / mengurangi / menghapus / membanned sementara / permanen terhadap isi website / program / data Pelanggan yang disimpan di MLink jika terjadi pelanggaran terhadap Master Service Agreement MLink ini.
  • Jika dalam kasus pelanggaran tersebut ditemukan bahwa Pelanggan tidak bersalah / lalai, dan dalam keadaannya Pelanggan harus memindahkan datanya keluar jaringan MLink, maka biaya atas Layanan yang dibayarkan Pelanggan akan dikembalikan dikurangi sisa hari terpakai dan biaya administrasi dan dikurangi biaya untuk nama domain jika ada (domain tidak ada refund dalam bentuk apapun).
  • Pembayaran melalui Bank Transfer : Pemrosesan pembayaran melalui Bank Transfer membutuhkan waktu maksimal 2 hari kerja setelah konfirmasi pembayaran dilakukan oleh Pelanggan.
  • Kecuali Pelanggan menyertakan Berita Transfer sesuai format: Invoice “nomorinvoice”, contoh: Invoice 123456.
  • Harap menuliskan nomor invoice dengan benar. Jika terjadi kesalahan saat input nomor invoice, pembayaran yang dilakukan akan dianggap sebagai pembayaran untuk invoice yang tertulis. Hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
  • Pembayaran melalui Virtual Account : Pemrosesan pembayaran melalui Virtual Account dilakukan oleh Pelanggan dengan mentransfer sejumlah dana ke nomor Virtual Account yang berbeda-beda pada setiap akun Pelanggan.
  • Harap transfer ke nomor Virtual Account yang sesuai dengan akun yang digunakan. Periksa kembali Nomor Virtual Account yang digunakan. Jika terjadi kesalahan saat input nomor Virtual Account, pembayaran yang dilakukan akan dianggap sebagai pembayaran untuk nomor Virtual Account tersebut. Hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
  • Perselisihan kepemilikan Account / Layanan : Jika suatu saat terjadi perselisihan kepemilikan akun atas layanan yang disewa, maka data pemilik yang akan dijadikan acuan yang benar oleh MLink adalah data yang dimasukkan pertama kali sewaktu pendaftaran awal di MLink. MLink berhak mengembalikan / mengubah data kontak akun sesuai dengan data pendaftar pertama kali di MLink, meskipun data kontak tersebut telah diperbaharui, atau diubah oleh pihak lain.
  • Terdapat pengecualian dari aturan di atas, apabila MLink diperintahkan oleh pihak berwenang/hukum nasional / internasional untuk mengganti kepemilikan akun kepada pemilik asli yang sah (misalnya pemilik trademark/hak dagang), walaupun pemilik tersebut bukanlah pendaftar awal yang melakukan pendaftaran di MLink.
  • Segala perselisihan yang timbul dalam pelaksanaan layanan MLink, baik itu yang tercantum dalam perjanjian kontrak ataupun tidak, antara MLink dengan Pelanggan akan diselesaikan secara musyawarah.
  • Pengunaan Software : Pelanggan memahami bahwa MLink merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan layanan berbasiskan cloud atau hosting dengan infrastruktur fisik, software dan jaringan yang dapat disesuaikan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Penggunaan software yang ada di dalam layanan MLink merupakan perpaduan dari layanan open source dan proprietary milik masing masing pengembang dan terlindungi oleh ketentuan hukum yang mengikat dari tempat asal pengembang dan hukum Internasional.
  • Pengembang layanan software berhak untuk mengubah ketentuan dan syarat penggunaan layanan termasuk di dalam hak pengubahan biaya layanan maupun metode penggunaan layanan ataupun juga kemampuan layanan yang disajikan kepada pengguna.
  • MLink berhak untuk mengubah struktur layanan software yang disediakan termasuk jenis dan versi kepada pengguna untuk memaintain struktur biaya ataupun mengubah biaya yang dikenakan kepada pengguna terhadap perubahan biaya dari software tersebut